Saya si ENTP



Berbicara mengenai kepribadian, saya dulu curhat mengenai rencana karir masa depan dengan senior yang akhirnya saya disarankan ikut tes kepribadian di internet. Saya menjawab soal test dengan santai dan ya sesuai dengan apa yang di kepala saya aja. Lalu, hasilnya keluar dan jeng..jeng.. saya seorang ENTP. ENTP kepanjangan dari Extraverted, Intuition, Thinking, Perceiving yang bermakna seperti berikut: ENTPs are logical, innovative, curious and downright inventive. They see possibilities for improvement everywhere and possess the ability to understand complex concepts. Intinya ya saya pakai rasional, punya inovasi dan rasa penasaran serta mampu memahami konsep yang kompleks. Well, that’s mean I’m so smart, hahaa.. it’s so me-laah *sok*. 
 
Lanjut, ini lagi sifat-sifat orang ENTP:
ENTPs generally have the following traits:
1.       Project-oriented : orientasi pada rencana yang dibikin
2.       Enjoy generating ideas and theories : suka mengusulkan ide dan teori
3.       Creative and ingenious : kreatif, berbakat penemu, banyak ide
4.       Bright and capable : cerdas dan cakap
5.       Flexible and Diverse : fleksibel, bemacam-macam bakat
6.       Excellent communication skills : kemampuan komunikasi yang sempurna
7.       Enjoy debating issues with other people : senang berdebat isu dengan orang lain
8.       Excellent people skills : kemampuan bergaul yang bagus
9.       Natural leaders, but do not like to control people : pemimpin alami, tapi tak suka mengatur orang
10.   Resist being controlled by people : menentang diatur orang lain
11.   Lively and energetic; able to motivate others : lincah, berenergi, mampu memotivasi orang
12.   Highly value knowledge and competence : sangat menghargai pengetahuan dan kompetensi
13.   Logical, rational thinkers : logis, pemikir rasional
14.   Able to grasp difficult concepts and theories : mampu memahami konsep dan teori yang sulit
15.   Enjoy solving difficult problems : menikmati proses solve problem
16.   Dislike confining schedules and environments : tak suka jadwal dan lingkungan yang membatasi
17.   Dislike routine, detailed task : tak suka rutinitas, kerjaan mendetail

Hoahahaa… dari 17 sifat umum itu ya, dominan sih bener saya rasain saya orangnya emang begitu. Bener juga, berarti ya inilah sifat-sifat sayang yang akhirnya tercermin jadi daily behavior. Yaah, bukannya narsis atau apa ya, tapi emang bener kan saya orangnya cerdas *bukti tak terbantahkan: pernah dapet ip cumlaude loh waktu kuliah sama ya finalis kecil-kecilan kompetisi Mapres fakultas* haha, penting banget itu merefleksikan diri pada kesuksesan masa lalu, agar tidak menurun self esteem ini. 

Saya banyak ide, terbukti dari cita-cita saya yang kebanyakan, hahaa.. impian-impian saya banyak bener dah, udah gitu besar-besar semua pula. Inilah ejawantah dari banyak ide = banyak impian = usaha lebih banyak untuk meraihnya, yak an? Sia-sia dong ide dan impian kita yang bagus-bagus kalo enggak diusahakan :p jadinya NATO deh, no action talk only pffftt.. 

Kemampuan komunikasi yang oke, ya bolehlah ini ya, sedikit banyak emang sih saya orangnya quite good untuk berkomunikasi sama orang lain. Saya memang udah belajar sih gimana cara yang baik berkomunikasi waktu kuliah dan Alhamdulillah, ilmunya bisa langsung saya praktikkan di hidup sehari-hari dan ya worted-lah kuliah di keperawatan, ilmunya manusia banget! Saya sih orangnya santai, kadang juga malah terlalu jujur (bahasa sopan terlalu berbicara apa adanya, yang senyatanya, malah kadang bikin sakit hati yang denger, wew) hahaa.. ini satu kekurangannya, tapi sedang belajar diperbaiki lagi. 

Senang berdebat, sebenernya sih gak suka-suka banget, tapi ya bisa dibilang saya menikmati suasana diskusi yang bahasannya saya ngerti dan masih bisa dipikirkan dalam waktu singkat. Ya coba aja kalo gak ngerti apa yang didiskusiin, mau jawab apa coba? Malah ntar malu-maluin diri sendiri, hohoo.. intinya, saya sih terbuka dengan isi pikiran orang lain yang mau juga berbagi idenya dengan saya. Simple, diskusi dimanapun tentang apapun mesti saya tanggapi jika emang menarik hati isinya.

Pemimpin alami, tapi tak suka mengatur orang (pemimpin setengah hati); menentang diatur orang lain (ngocol, susah diatur) hahaa.. ini cocok bener. Saya emang lumayan punya leadership yang terasah, tapi saya ya itu, suka males ngatur-ngatur ini itu, udah gitu males juga kalo di bawah kendali orang lain, alias disuruh-suruh ini itu. Bener-bener ini sifat teraneh saya, sepertinya ini keluar sebagai bentuk perilaku saya yang apatis, sebodo amat deh orang ngaturnya gimana yang penting saya maunya begini alias susah diatur, kalaupun bisa itu Cuma bertahan sejenak, hoho.. yaudah ini perlu dibenerin, nih model sikap begini, banyak merugikannya. 

Lincah, berenergi, mampu memotivasi orang terbukti dari saya suka banget menyemangati temen-temen pas jaman kuliah, tentang cita-cita, tentang usaha, kesulitan dan kebahagian hidup. Beuh, berarti berbakat jadi motivator super macam pak Mario Teguh kali ya, haha. Tapi emang saya orangnya begitu kok, mungkin ini bentuk nyata dari koleris-nya saya. Berenergi, penuh semangat dan ya gak cukup dengan yang biasa saja. Super sekali ini, ahhaha!

Mampu memahami konsep dan teori yang sulit, wah ini… ini cukup meragukan saya. Yang bener mah bisa sih bisa paham tapi agak lama gitu, buktinya sih kadang waktu belajar patofisiologi dan asuhan keperawatan saya perlu puyeng kepala dulu baca materinya, tapi emang bisa paham sendiri tanpa perlu diajarin lagi sih, cieeh, pinter bener yak?? Hahaa.. sudah-sudah tak perlu sombong :p

Lebih kurang beginilah saya sebagai seorang ENTP yang nyata di dunia *bukan halusinasi loh* yah, sekaligus memperkenalkan diri dan kepribadian saya kepada orang-orang yang belum terlalu mengenal saya, yah mungkin bermanfaat buat calon #eh suami yang hendak melamar saya nanti, jeeehh,,, ini malah OOT gini sih, apa deh gue, bahasannya itu lagi, #pfffftt. Enggak kok, itu Cuma intermezzo aja, hahaa.. tenang aja kali saya belum mau nikah dalam waktu dekat kok, masih harus nabung banyak buat persiapan kuliah S2 via beasiswa tentunya. Nah, kan keluar deh satu impian lagi, kuliah di luar (Eropa, Inggris, USA atau Aussie) dapet beasiswa, jadinya gratis deh, hoho.. abisnya saya gak mau kalah sama dosen-dosen kuliah yang udah kesana duluan. Jadi, ya beliau-beliaulah satu dari inspirasi saya.

Kita kan lagi bahas ENTP deh, kenapa jadi flight of ideas gini T__T haha.. sudahlah tak apa.
ENTP, setidaknya kamu sudah jadi bagian dari diriku ini.. uwoooww.. semoga kita bersama dapat menjadi pribadi yang selalu baik dan lebih baik lagi J *jabat tangan, berpelukan* 

Diakhiri dengan sambutan gerimis pagi hari
220113 ~~ isengan pertama di blog~~

No comments:

Post a Comment

Hi! Thanks for reading! Please give your comment here..

Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya