/* related post */

Review Buku Anak: Beny Beruang Kutub


Judul: Beny si Beruang dari Kutub Utara

Penulis: Watiek Ideo

Ilustrator: Paula Amelia

Batasan usia: Cocok untuk usia > 3 tahun

Penerbit: Bhuana Ilmu Populer

Tahun terbit: 2012

Tebal: 32 halaman paperback






Buku ini berisi 32 halaman kertas full color. Bentuk fisik buku agak tipis dan format paperback yang membuat buku ini sangat ringan. Sejak halaman sampul, pembaca akan disuguhkan ilustrasi cat air dari kedua tokoh utama dalam seri petualangan Tom dan Beth.
 


Cerita Beny Si Beruang dari Kutub Utara dibuat dalam versi dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Hal ini membuat cerita cukup menarik untuk dibacakan oleh orang tua. Saya membacakan Kristal cerita bahasa Inggrisnya dan reaksi anak itu hanya diam lalu bengong, heheh. Mungkin karena tidak mengerti jadi begong namun saat dibacakan bahasa Indonesianya, dia mendengarkan dengan penuh perhatian sambil melihat ilustrasi cerita.
  

Ilustrasi cat air


Ilustrasi dalam format cat air ini sebenarnya sangat menarik dan cukup realis. Saya sendiri baru menemui buku anak dengan format seperti ini. Namun, entah dari format cat airnya atau komposisi warna yang cenderung gelap membuat ilustrasi terkesan suram dan kurang ceria bagi anak. 

 


Tokoh Tom dan Beth diceritakan sedang berpetualang ke kutub utara. Lalu, mereka kedinginan dan bertemu Beny Beruang. Beny Beruang menawarkan untuk menghangatkan diri di rumah iglo-nya. Konflik terlihat saat Beny Beruang menceritakan masalah jumlah ikan yang menipis serta salju yang meleleh sehingga membuat beruang kutub kesulitan mencari tempat tinggal.




Cerita Beny Beruang dapat memfasilitasi anak belajar mengenai alam berupa kutub utara serta permasalahan lingkungan di sana. Sehingga dengan membaca buku ini anak tidak hanya terhibur tetapi juga bertambah pengetahuannya. 

Cara menyajikan teks sudah sangat bagus, teks tiap halaman tidak terlalu panjang. Hal ini merupakan kelebihan buku, yaitu membuat anak mudah memahami tiap bagian ilustrasinya dengan teks singkat. 

Menurut saya, level kognisi anak usia pra sekolah-lah yang cocok membaca dan dapat memahami pesan dari cerita Beny. Jika anak yang membaca berusia kurang dari itu maka hanya menjadi cerita saja sebab level kognisi yang masih rendah.



Melalui buku anak belajar mengenal dunia sekitar. Kecintaan terhadap pengetahuan dimulai di rumah. Buku cerita Beny Beruang telah berhasil mengenalkan kutub utara tanpa harus pergi ke kutub utara.

Saya berikan rate tiga bintang dari lima bintang. 
 

4 comments:

  1. Buku nya bagus. I love children's book. Warna-warna dan ilustrasi nya juga lucu nih. Cerita nya juga nggak cuman tentang si Beny aja tapi bisa sekalian mengenalkan kutub utara ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Gesi, ilustrasinya dengan format watercolor itu bikin jadi lebih realis kayak lukisan.. makasih udah main yaahh *duh, aku terharus d-BW sm Gesi sungguh hohoho

      Delete
  2. iya ya ilutsrasi membuat anak lebih mudah memahami isi cerita

    Salam
    Phadli

    ReplyDelete
  3. aku dari kemarin pengen bgt beliin buku yg bilingual mba keknya mau coba deh beli buku ini :) makasi reviewnya mba apalagi tahu warna dan ilustrasinya pasti anakku suka

    ReplyDelete

Hi! Thanks for reading! Please give your comment here..

Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya