Sensory Play Idea: Kelapa Parut Pelangi




Sejak lama saya memiliki ide untuk menjadikan ampas kelapa parut mainan buat Kristal. Cari ide di pinterest dan yuhuuu ketemu deh ide ini, shredded coconut rainbow. Sebenarnya dari ibu pembuat mainan ini di Amerika Serikat sana, kelapa parut termasuk barang dengan harga cukup mahal. Iya sih, kalau kelapa kan buah tropis di sana ya gak ada kecuali diimpor. Alhamdulillah, kita tinggal di bumi tropis Indonesia jadi harganya murah dan banyak ditemui. Haha, saya bersyukur banget deh ah.


Oh iya, yang saya pakai ini ampas kelapa setelah santannya diperas ya. Habisnya sayang keles make kelapa masih utuh santannya mending saya buat masak, wkwk. Mainan ini cocok untuk toddler lebih dari dua tahun sampai usia pra sekolah. Jadi, anak yang masih fase oral tidak bisa mainan ini karena kelapa ini tidak bisa dimakan. 





Alat dan Bahan:
  1. Wadah besar
  2. Wadah kecil-kecil sejumlah warna yang ingin dibuat
  3. Sendok kecil atau stik es krim
  4. Ampas kelapa parut
  5. Pewarna makanan
  6. Nampan atau wadah datar untuk mengeringkan
  7. Tissu dapur

Cara Membuat:
  • Pisahkan kelapa ke dalam wadah kecil sebanyak jumlah warna yang ingin dibuat, saya membuat enam warna ( warna biru, kuning, merah, oranye, hijau dan ungu).Dalam memilih pewarna saya memakai tiga warna primer lalu mencampur dua warna untuk dijadikan warna sekunder (merah+ biru jadi ungu, kuning+merah jadi oranye, biru+kuning jadi hijau).
  • Setelah membagi kelapa di tiap wadah masing-masing campurkan pewarna makanan sebanyak yang dibutuhkan. Jika ingin warna tebal, tambahkan lebih banyak pewarna dan sebaliknya.
  • Aduk kelapa hingga tercampur pewarna merata ke semua bagian.
  • Setelah rata pindahkan kelapa yang sudah berwarna ke nampan yang telah dilapisi tisu dapur. 
  • Ratakan semua kelapa lalu jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Saya sendiri butuh waktu dua hari karena saat jemur pertama cuaca agak mendung.
  • Setelah kering, kelapa dapat dipindahkan lagi ke wadah kecil sesuai warnanya.


Cara Bermain: 
 
Ajak anak bermain dengan aneka warna lego. Saya pakai cara ini untuk belajar mencocokan warna, sekaligus belajar sensori visual.

Awalnya Kristal tidak mau menyentuh dengan tangannya karena jijik. Maklumlah ya masih pertama, kenalan dulu kita, hahah.. 

Setelah saya contohkan, Kristal malah betah main remas kelapa dan memindahkan kelapa ke gelas dengan sendok tanpa tumpah, heyhoo... Begitulah anak kira-kira perkenal awal dengan mainan yang baru baginya.




 


Manfaat Bermain:
  1. Menstimulus sensori visual mengenal warna kelapa parut.
  2. Melatih motorik halus menyendokkan kelapa parut.
  3. Melatih kreativitas ide bermain terbuka (open ended play) anak dibebaskan ingin bermain sesuai keinginannya.


6 comments:

  1. Duly ibuku pernah bikinin mainan seperti ini, jadi nostalgia baca postmu mba. Skrg aku dah pny anak malah ga pernah kukasih mainan ini padahal asyik. Thanks sudah mengingatkanku mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. ada kenangan sendiri mbak ternyata ya, hayuk mbak dicoba bikin buat anak2 di rumah.. kembali kasih, senang bisa berbagi :)

      Delete
  2. Ya ampuuun idenya kreatif juga yak. Sederhana tapi bikin anak seneng...plus bahannya pun mudah didapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, mudah murah meriah dan anak senang,, emak mana yang gak seneng coba.. hehee

      Delete

Hi! Thanks for reading! Please give your comment here..

Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya