Bikin Cat Air Washable Sendiri, Yuk!

Sejak usia Kristal deket-deket dua tahun, saya sudah niatkan untuk membuat cat air sendiri. Ngapain sih pake repot banget bebikinan gitu? Eits, buat yang memang ada hobinya sih menyenangkan dan memuaskan aja bisa bikinin mainan untuk anak sendiri, ya kan. Nah, Saya ini model-model emak yang begitu deh, haha...





Kelebihan bikin cat air sendiri buat saya:

HEMAT
Bahan yang dipakai untuk membuat cat mudah didapatkan dan termasuk dalam harga yang terjangkau. Bayangkan saja kalau beli di toko bahan seni agak cukup menguras kantong yah. Saya sempat cari di katalog online ada yang selusin sekitar Rp 100.000,00 dan ada juga yang satuan dengan harga Rp 50.000,00 per warna. Mayan yaks. iye mayan bisa buat bikin ayam panggang madu wkkwk makan melulu. Inilah sebabnya saya getol dan niat sungguh-sungguh bikin cat air sendiri, puas deh mau bikin sepanci juga bisa kok.



AMAN
Bahan cat dari benda-benda yang tidak berbahaya karena berasal dari produk yang dipakai kita sendiri. Misalnya, tepung maizena (sudah jelas ini mah bisa buat masak kan, jadi AMAN!). Ada lagi Body Lotion (ini sih yang make emaknya ya, haha) AMAN! Terakhir, Bedak bayi sebenernya eksperimen saya sendiri. Iseng lihat komposisi bedak bayi eh, nemu corn flour (tepung jagung) nah, ini mah sama aja kayak maizena dong ya. Berarti bisa dipake buat nambahin adonan cat-lah ya. Berhubung juga bedak bayi masih banyak dan sudah mendekati masa kadaluarsa ya jadilah saya masukkan dalam ramuan cat air. Ini salah satu pengamalan ilmu dibuang sayang, wkwkw.


Alat dan bahan:
  1. Tepung Maizena/ Tepung Jagung (2 sdm)
  2. Body Lotion (Secukupnya) *bagi anak alergian bisa diganti dengan losion bayi yaa.. 
  3. Bedak Bayi (Secukupnya)
  4. Baby Oil (Beberapa tetes)
  5. Pewarna Makanan (Pakai warna primer aja merah, kuning, biru)
  6. Wadah Muffin
  7. Stik Pengaduk
  8. Sendok
  9. Mangkok Pencampur




Cara Membuat:
  1. Campurkan tepung maizena dengan bedak dan body lotion
  2. Aduk rata ketiga bahan. Takarannya sampai adonan cat cukup kalis tercampur seperti pasta.
  3. Pisahkan beberapa sendok adonan ke dalam wadah muffin. Wadah muffin ini saya pake karena ada aja di rumah dan sudah menganggur jadi difungsikan kembali. Pakai wadah sisa-sisa botol plastik biasa juga bisa yang ada tutupnya lebih baik.
  4. Berikan lima tetes pewarna merah, biru dan kuning masing-masing. Lalu aduk rata hingga tercampur ke semua adonan. Jika warna yang diinginkan masih belum pas, silakan tambah lagi beberapa tetes. Nah, warna primer bisa dicampur. Ambil lagi adonan, campur warna merah dan kuning untuk mendapatkan oranye, warna biru dan kuning untuk jadi hijau serta warna biru dan merah untuk jadi ungu. 
  5. Bentuk adonan akan seperti pasta, agar menambah cerah tambahkan baby oil ke masing-masing adonan warna cukup dua atau tiga tetes saja. Aduk lagi.
  6. Penggunaannya gampang, cukup ambil beberapa bagian dari cat air. Lalu, dicampur lagi dengan sedikit air (cukup kental seperti cat) dan bisa langsung untuk melukis. Jangan lupa siapkan kertas dan kuas.
Setelah semua dicampur





Manfaaat Aktivitas bagi anak: 
  • Merangsang kemampuan motorik halus. Melukis dengan kuas melatih koordinasi jari-jari untuk bergerak membentuk lukisan. 
  • Belajar mengenal warna, bentuk-bentuk yang dilukis.
  • Mendukung koordinasi mata dan tangan anak. 
  • Merangsang kreativitas


Pas melukis saya ajak Kristal buat bikin cap tangan dan kaki dari cat air ini. Awalnya dia geli-geli jijik gitu tapi akhirnya malah suka main ceplak cap tangan di kertas.

12 comments:

  1. Sukak banget postingan artistik begini, saya baru tau hehe asik ya bikin cat sendiri lebih hemat dari bahan-bahan sekitar^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa betul sekali, selain lebih hemat, bisa eksperimen belajar warna juga

      Delete
  2. ya ampun kreative banget sich mba.. aku mesti ikutan nyoba nih, pasti anak-anak juga happy bikin water color begini..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayooo dicoba, gak perlu ragu lagi, gampang dan modal berani nyoba buat emak-emaknya.. kalo udah ngeliat anak mainan rasanya puas dan bahagiaaa yaa

      Delete
  3. kreatif banget mbak..salam kenal...asyik ya klo bahannya alami gini bagus untuk anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jugaa mbak... iyah asik banget, selamat mencoba

      Delete
  4. Senengnyaaaaa,
    Gk jd beli cat air, bikin ini ajak, wkwwkkwkk
    Tengkiu bgd ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wueheheee.... selamat nyobain bikin yaa mbak... sip, you're welcome :D

      Delete
  5. pasti aku coba nih dg bahan yang ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mencoba.. selamat bereksperimen :D

      Delete
  6. Asiiik aku coba ya mba. Semisal aku ulas lagi di blog gpp ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mencoba, sok aja kalo diulas lagi juga heee..

      Delete

Hi! Thanks for reading! Please give your comment here..

Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya