Journey of My Dream

Dulu sewaktu masih bersekolah di bangku SMA kelas XII Ipa, saya mempunyai cita-cita pengen banget kuliah di Teknik Kelautan.

Kenapa? Simple aja, saya sukaaa bangeet sama laut, pantai dan saya bener-bener penasaran aja gimana caranya bikin rumah di atas laut yang luas itu.

Usut punya usut, ternyata jurusan itu
Cuma ada di dua Institut Teknologi yaitu ITB dan ITS.
dan   





Otomatis yang satu di Bandung dan satunya lagi Surabaya, wow jauh sekali!

Padahal udah ngareeep banget ada PMDK ITS gitu nyasar ke sekolah. Maklum sekolahan saya kan bener-bener di pusat kota (dekat pusat perbelanjaan lebih tepatnya, hehe). Suatu hari, ternyata benarlah datang PMDK ITS dan langsung aja fotokopi formulirnya dengan hati gembira banget dah! Wah, besar banget harapan saya terhadap prospek PMDK ITS. Langsung, setelah di rumah laporan sama kedua orang tua, dan ternyata… tak diberi izin karena terlalu jauh katanya…

Aih, payah benar emak dan bapakku, hanya di Surabaya saja tak bisa rela melepas anaknya. Pupus sudah harapan untuk ke ITS, dan tak mungkin lagi untuk diusahakan. Ya sudah, menuruti saja apa kata orang tua, daripada durhaka.
Heuuh… padahal aslinya sumpah gue gak relaaaa…. T_T  http://www.addemoticons.com/emoticon/smiley/AddEmoticons08020.gif

Lanjut, tetep masih keukeh mau kuliah di teknik kelautan ITB tapinya http://www.addemoticons.com/emoticon/animated/AddEmoticons0425.gif, kan udah pindah dari Surabaya karena gak dapet ijin. Yah, lumayan kalau Bandung mah, pastinya masih diijinin, hehe tetep aja ngarep.

Yaiyalah, orang saya emang pengen banget tau ilmunya tentang bikin bangunan di atas laut, terus ntar kerjanya di pantai dan di laut terus, lumayan sekalian jalan-jalan kan! Wah, pokoknya udah indaaaah bangeeet tuh bayangan tentang ini di masa depan, heuheu..

Mulai deket UN, pas masuk ke semester akhir di SMA makin rajin shalat malam dan shalat istikharah buat ya, itu minta petunjuk buat milih jurusan kuliah apa yang terbaik.
Sampe selesai UN, tetep juga keukeh lanjut berjuang go for teknik kelautan ITB!!!! Semangaaaat!! Yah biasa dah, anak-anak yang belum teracuni oleh kenyataan hidup yang pahit-manis.

Jadi, masih juga semangat walaupun pada kenyataannya makin dekat waktu ujian SPMB 2007 makin terlihat kemampuan asli otak saya.
Pas belajar di BTA, terutama yang susah bagi saya yaitu, matematika dan fisika.

Sumpah itu perjuangan belajar yang bener-bener menggila banget! Soalnya aja susaaahhh banget dah!!  http://www.addemoticons.com/emoticon/monkey/AddEmoticons12673.gif

Huaahhh… berkali-kali uji coba ngerjain soal beneran sendiri, Ya Allah Cuma bisa ngerjain berapa butir soal dengan bener. Udah gitu kan ada prediksi skor try out SPMB-nya dan juga skor-skor minimal buat masuk jurusan-jurusan kuliah tujuan kita di setiap universitas.

Ternyata, skor gue aja gak pernah nyampe ke batas minimal buat masuk ITB!!! Huaaaaa….http://www.addemoticons.com/emoticon/animated/AddEmoticons04219.gif Gimana ini?? Jadinya mau kuliah dimana saya?? Sumpah pas itu binguung banget. Karena, sejujurnya tak tau lagi bakat apa yang gue punya.
Dan celakanya, minat gue tidak didukung oleh bakat yang bagus.
Sial!!! http://www.addemoticons.com/emoticon/smiley/AddEmoticons08037.gif

Jadi, singkat cerita setelah menyadari bahwa kecerdasan itung-menghitung gue biasa aja (alias gak jago-jago banget) akhirnya, dengan perasaan yang cukup berat diputuskanlah bahwa tidak akan memilih teknik kelautan ITB atau teknik apapun. http://www.addemoticons.com/emoticon/monkey/AddEmoticons1266.gif

Karena saya cukup sadar,
kuliah di sana shiva nanti kamu akan bertemu dengan itungan, rumus, hal-hal abstrak tentang angka-angka dan kamu menjalani kuliah tidak hanya 1-2 hari aja atau sebulan, setahun tapi Empat, shiva, empat tahun untuk jadi seorang sarjana. Daripada nantinya men-zhalimi diri sendiri dan tentunya kedua ibu bapak jika ternyata kuliah di ITB teknik kelautan malah bikin sengsara lahir batin.
(Oh my Allah, lebaaay banget!!), http://www.addemoticons.com/emoticon/smiley/AddEmoticons08032.gif tapi sepakat gan!!

jadinya lebih baik memilih tempat kuliah yang aman sesuai dengan kemampuan yang kamu punya dan tentunya memiliki prospek yang cerah di masa depan. Ini ucapan monolog gue pas masih bimbang ambil keputusan. Setelah itu pun sempet agak blank, terus mau milih apalagi nih???

Lantas, tercetuslah pas lagi iseng jalan di Gunung Agung BlokM plaza.
"kayaknya jadi perawat seru juga, mungkin bisa juga tuh" http://www.addemoticons.com/emoticon/monkey/AddEmoticons12626.gif
, kebetulan emang ada kakak alumni dari 6 juga yang udah duluan kuliah di sana (Keperawatan UI-red).

Akhirnya, masih dengan setengah hati tentunya (tapi udah dapet feeling baik terhadap pilihan ini) saya melepaskan cita-cita untuk jadi Insinyur (Engineur-in Germany).

Ya Allah, terus harus milih apa nih kuliahnya?? Pilihan terakhir hanyalah UI atau UnPad (karena tak mau di IPB atau manapun yang jauh lagi..huhu bingung). UI?? Yang bener aja, mau kuliah dimana gue?? MIPA?? No way, UI itu MIPA-nya biasa aja, kalu mau kuliah jadi ahli lebih baik cari MIPA tempat lain selain UI (ini kata kakak kelas yang kuliah di sana).

Yaudah, mikirrrr… lagi… wah iya, UI kan ada KEPERAWATAN-nya… wah good idea nih, bisa-bisa masuk daftar pilihan. Okelah, kalau UI gue milih keperawatan aja, biar jadi perawat http://www.addemoticons.com/emoticon/animated/AddEmoticons04233.gif
(yang dalam khayalan gue itu, tentang perawat yang bantuin korban-korban perang sama bencana alam gitu deh, masih gak ngebayang banget tentang perawat di RS)
.

Terus satu lagi apa nihh…??? Bingung… akhirnya, saya kan emang suka sama biologi dan cukup juga tuh kemampuan saya (kalu diitung-itung yah, masih lebih baguus dah daripada matematika & fisika itu, hehe). Oke, terkunci target saya kuliah pertama Keperawatan UI dan pilihan kedua Biologi UNPAD.

Itu tuh,, keputusan yang bener-bener berjarak cukup deket dengan waktu isi formulir SPMB yah sekitar 2-3 minggu sebelumnya deh. Setelah, dapet pencerahan untuk milih ini nih (mungkin juga ini jawaban setelah berkali-kali minta petunjuk dalam shalat istikharah).

Alhamdulillah, juga sebelumnya sempet juga share ke seorang temen tentang kebimbangan ini, lalu dia yang latar belakang keluarganya dari bapak ibu (an apothecary), kakak (dokter gigi & psikologi), terus dia sendiri mau kedokteran bilang begini "kalau kesehatan itu bakal selalu dibutuhkan shiv, jadi elo gak susah untuk mencari kerjaan, beda kan kalau elo milih itu tuh teknik kelautan gitu, kerjaan yang banyak cowoknya sedangkan elo cewek gitu, nanti malah susah juga, kerjanya nanti jauh dll..bla-bla-bla.."

baiklah, jadi semakin bulat saya mau kuliah di Keperawatan UI (ini sebenernya yang emang saya pengen banget, karena kalau masuk pilihan dua Bio Unpad, mau jadi apa gue?? Heuu…)

Semakin dekat, semakin bersemangat harus dapet UI keperawatan UI!!! Berdoaaaa terus, belajarrrr teruus… setelah itu ujian SPMB pun berlangsung dan selesai sudah semua perjuangan belajar selama ini, tinggal kita tunggu saja hasilnya.

(tapi, sumpah ini jujur-jujuran gue cuma yakin sedikit dan gue bener-bener takut masuk Unpad a.k.a gak masuk keperawatan UI. Ya sudahlah, apapun yang terjadi nanti siap-siap aja!!)

Jreeeeengggg… http://www.addemoticons.com/emoticon/monkey/AddEmoticons12688.gif tibalah hari pengumuman yang bener-bener membuat gue harap-harap cemas. Liatin sama temen juga sih di internet, kalu kodenya ini masuk UI, kalu ini masuk Unpad. Dan hasilnya adalah:
Saya diterima di KEPERAWATAN UI!!!!!!!!!!!!!!! http://www.addemoticons.com/emoticon/monkey/AddEmoticons12662.gif



Alhamdulillah.. Ya Allah terima kasihhhh… bener-bner seneeeeennggg bangeeeett…. Tak terlukiskan dengan kalimat dah!! (halah lebaay..hhe).

Singkat cerita, setelah masuk dan berkuliah di Fakultas Ilmu Keperawatan UI, jadi mahasiswa, belajar dengan cara baru dll. Memang awalnya sempet il-feel beberapa kali gara-gara baru tahu bahwa ada hal yang emang kurang nyaman dalam melakukan tugas sebagai perawat (Ups..! gak usah disebutin di sini deh).

Tapi, ternyata eh ternyata, kalau jadi perawat itu kamu bisa ke luar negeri. Haahh… yang bener kak?? Iya, karena kamu memiliki kompetensi yang sama dengan kompetensi perawat seluruh dunia. Yakni dengan kamu menjadi seorang RN.

RN?? Apaan tuh?? RN stand for Registered Nurse. 




Jadi, itu semacam gelar internasional kalau kamu mau jadi perawat yang bisa kerja di luar negeri.
Waaaahhh… kereen banget!! http://www.addemoticons.com/emoticon/animated/AddEmoticons04240.gif
Mau deh saya kalau gitu jadi RN, hehe.. (inilah impian baru yang muncul).

Usut punya usut, ternyata Professor Keperawatan di Indonesia saat ini cuma ada dua orang! Keduanya pun hanya ada di UI!! Waahh… hebat sekali!! (senang dan bangga gitu gue..hehe). http://www.addemoticons.com/emoticon/animated/AddEmoticons04240.gif

baguslah, sepertinya saya memang tidak salah memilih tempat belajar. Alhamdulillah, Allah kasih petunjuk yang tepat buatku..huhu.. jadi pengin nangis..haduuhhh lebay dah. Yah, akhirnya sampai sekarang masih tetep betah kuliah di FIK UI. Makin seneng dan bangga jadi calon perawat Indonesia!!



Dari sinilah perjalanan mengejar mimpi saya dimulai. Banyaaak banget mimpi yang mesti diraih. Kenapa juga, kuliah di FIK jadi bikin saya punya banyak impian?? Entahlah, yang penting sekarang terus berusaha agar impian-impian besar itu dapat terealisasikan..huaaahhhh semangaaat!!!

Ini, ada satu juga yang turut menyumbang inspirasi bagi shiva, yaitu tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Satu kutipannya:

Kuberi tahu satu rahasia padamu, kawan
Buah paling manis dari berani bermimpi
Adalah kejadian-kejadian menakjubkan
Dalam perjalanan menggapainya
(Andrea Hirata in Maryamah Karpov)

Bermimpilah, Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu (in Sang Pemimpi)

Saya memang tidak memiliki hal lain yang berharga di dunia ini, selain MIMPI dan SEMANGAT!

Dan saya akan bertempur habis-habisan demi mimpi-mimpi itu. Berusahalah, bekerjalah, Allah dan orang-orang mukmin melihat kamu.

No comments:

Post a Comment

Hi! Thanks for reading! Please give your comment here..

Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya