/* related post */

Nasib Komplotan Copet dan Korbannya


Hari ini ke kampus ada urusan. Seperti biasa naik bis kopaja 63 BlokM-Depok, kursi masih kosong duduklah saya di kursi deket jendela, deret paling belakang dari kursi sopir. Tak lama kemudian duduklah seorang wanita, berambut panjang keriting-keriting (gue curiga ini buatan, apalagi warnanya kagak rata ada merah-merah gitu,,haha), kuku jari tangannya full of kuteks (warna merah cabe), make jaket hitam dan bawa tas tangan. Kembali santai, duduk tenang merhatiin jalanan melalui jendela bis.
Pengen banget tidur rasanya, tapi entah kenapa saat itu susah buat nutup mata (padahal biasanya juga enggak disuruh udah otomatis ketutup alias tiduur..) feeling aneh :P
Lanjut, biasa dah derita penumpang bis mesti sabaaar kalau bisnya nge-tem segala. Mau protes ntar diusir lagi. Jalanan padat, cukup panas juga (sekitar jam 9an) matahari udah mulai baik ngasih radiasi panasnya, hehe. Pas masuk Ampera, wuiihhh macet bu, tau tuh kayaknya di pengadilan lagi rame, ada sidang kali (asal tebak-sotoy aja). Kembali lagi ke mbak-mbak yang duduk sebangku dengan ane di 63 ya gan! 
Dari awal duduk si mbak-mbak (biar gampang sebut saja namanya mbak K=mbak kuku kuteks haha asal abis..). nah, si mbak K ini cukup sibuk dengan handphone-nya (yang bagus itu). Ane intip dikit, lirik-lirik, hapenya Touch-screen, warna putih susu, merknya Nokia (gak tau dah serinya apa). Wah, bagus nih hapenya (dalam pikiran ane, tapi kaga ada niat nyopet yee..)
Udah gitu, hapenya yang bagus itu ditaruh di dalem kantong jaketnya aja gituu… emang sih mbak K masih duduk karena masih jauh kali tujuannya. *Dalam pikiran ane udah khawatir aja ama hapenya, bakal diincer copet, ane udah cemas aja* Tapi hanya bisa berharap semoga mbak K dan hapenya yang bagus itu tetap selamat sampai tujuan. :D
Langsung kita masuk berita Utama:
Bis udah rame banget pas masuk pintu tol, banyak bapak-bapak yang berdiri. Penuh dah pokoknya bis tapi gak ampe padet banget juga. Berhubung kursi duduk ane kan paling belakang jadi orang yang berdiri di belakang bisa langsung melihat aktivitas ane sama mbak K *prediksi ane tentang copet: dia udah incer mbak K* kalau emang copet yang diri di belakang kursi ane.
Udah tuh, ane kagak ada prasangka bahwa ternyata ada segerombolan copet di dalem bis itu *too kind thinking*
Lantas, mbak K mau turun dari bis melalui pintu belakang (Lokasi deket Lenteng Agung), tiba-tiba ane mendengar mbak K teriak

 “Hape saya ilang-hape saya gak ada, tunggu pak ” dengan posisi mbak K masih berdiri dekat pintu bis.
Terus, ada bapak-bapak yang duduk di barisan paling belakang deket pintu ngomong
 “itu tuh, tadi kali udah turun cepet sana, mau kerja ini kita”
Ternyata kecurigaan ane bener dah, mbak K dicopet hapenya. Otomatis langsung ansietas (kecemasan-red) aja ane, haduuuhhh… gimana ini?? Mbak K dengan gigih minta bis berhenti sebentar.
“tunggu dulu pak, tadi ada di sini”
Bapak-bapak yang ngotot bilang
“mana mbak?? Gak ada tuh mana?” sambil berdiri dari duduknya. Dan ternyataaaa….

Hape mbak K ada di bawah dudukan bapak yang ngotot!!!! 
  Hahahaha…. Paraaaaahhh udah nyopet, gak ngaku, ketahuan pula.. malangnya nasibmu pak ngotot..
Untung ada cowok yang duduk dibarisan belakang sebelahannya pak copet yang langsung cepet ngambil tuh hape dan memberikannya pada mbak K. huuuffff..
Mbak K dalam kondisi masih tegang menerima hape ampe jatuh-jatuh tuh hape, tapi tetep hapenya yang bagus itu kembali ke tangan mbak K.
Dalam hati dan pikiran saat itu, setelah mbak K pergi sumpah takuuut banget. Ternyata emang beberapa orang (sekitar 4 orang bapak2) itu adalah sekomplotan COPET!
Orang-orang sebis itu udah pada nyadar. Dan ane ketakutan banget, kalau-kalau si copet bakal macem-macem lagi. Huuuhhh… Allah mohon lindungi aku (udah tuh berdoa dan berdzikir dalem hati)
Pokoknya setelah gagal mendapatkan hape mbak K, komplotan copet ribut-ribut gitu. Berisik dah pokoknya ngumpat kasar, pake kata-kata yang tak sopan. *tak perlu diungkap di sini, udah taulah*
Pas daerah UP, turun tuh semua komplotan. Udah sepi tuh bis 63nya. Setelah komplotan copet turun, mulai deh kita para penumpang mengobrol copet dan kejadian tadi. Seorang ibu tiba-tiba pindah posisi duduknya ke sebelah saya.
“Iya tuh, copet bergerombol” katanya dengan nada kesal
“Dari tadi saya udah curiga, ini orang berdiri dari duduk tapi gak mau turun-turun, malah makin ke belakang” sambungnya
“iya bu, saya udah takut juga tuh mbak K bakal jadi korban”balas ane
“emang tuh, banyak copet ya di bis ini (63 -red), bahaya deh, buka-buka hape, makanya saya gak pernah liat hape di bis gini”
Hampir deh, beberapa detik setelah kejadian orang-orang semua langsung ngomongin.
Oiya, pas tuh komplotan copet kabur, cowok yang nolongin mbak K (mahasiswa juga-turun di gerbatama dia) tinggal sendirian duduk di belakang.
Kata ibu yang di sebelah ane “Uh, copet itu semua tadi, untung enggak apa-apa (kondisi cowok itu masih sehat wal afiat tak ada luka)”
“takutnya juga kalau bawa senjata kayak pisau gitu kan serem ya” lanjut ibunya
Yah, cukup lega, bersyukur sekali pada Allah yang melindungi mbak K, hapenya yg bagus itu, dan semua penumpang bis 63 dari kejahatan copet hari ini. Hanyalah melalui sebuah pengalaman kita dapat belajar, baik pengalaman diri sendiri ataupun orang lain. Baik pengalaman yang enak atau menakutkan bahkan membahayakan.
Semoga buat temen-temen sekalian tulisan ini bermanfaat walau sedikit. Setidaknya, menambah ke-aware-an kita akan lingkungan sekitar. Bukan untuk bersangka buruk, melainkan hanyalah sebuah kehati-hatian. Karena kita enggak pernah tahu niat buruk orang terhadap kita.
Emang deh, hidup di Jakarta perlu waspada cuy!!
Sekian cerita hari ini (sesungguhnya setiap hal di dunia ini mengandung hikmah)
*btw, apa kabar ya sang komplotan pencopet?? Semoga Allah kasih petunjuk para pencopet buat nyari rizki yang halal lagi baik bagi mereka. Amin
(daripada mengutuk lebih baik mendoakan agar lebih baik bukan??)
Buat semua pengguna kendaraan umum jaga diri baik-baik ya.. semoga selalu dilindungi Allah di setiap perjalanannya mengelilingi bumiNya.

2 comments:

Hi! Thanks for reading! Please give your comment here..

Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya