/* related post */

How To Make Pizza in a Pan A.K.A Pizza Teflon


Perubahan peran setelah menikah ternyata cukup besar bagi saya. Ternyata sudah tiga tahun lebih saya menjalani peran sebagai istri. Oleh sebab itu, cukup terasa ada perubahan mulai dari perubahan jiwa, pikiran serta kemampuan memasak haha.


Sebelum nikahan mah boro-boro mau nyoba resep makanan baru. Lihat ada foto makanan-makanan lucu di sosmed ya cukup dilihat ada dan komentar "enak nih", dalam hati tanpa ada motivasi mempraktikkannya


Kalau sekarang, saya punya tantangan untuk mencoba minimal tigapuluh resep baru sepanjang tahun 2017. Sudah berapa yang tercapai hingga saat ini? Hahaha... Saya juga lupa, sebab tidak menghitung resep yang baru diujicoba di dapur. Wehhh.. gak terukur dong kalau gitu.. wkwkwk.


Memasak bagi saya semenjak jadi istri merupakan akivitas keseharian yang tidak ada berhentinya. Hahaha.. iyalah tiap hari saya yang masak di rumah, mulai sarapan sampai makan malam. Termasuk juga cemilan buat Kristal seperti puding atau donat. 



Menurut saya, memasak sendiri ini adalah salah satu usaha untuk menyehatkan keluarga. Selain itu juga bikin suami senang karena lebih hemat daripada jajan di luar terus juga enak. 


Oleh sebab itu, memasak bagi saya merupakan usaha terbaik dalam memenuhi gizi keluarga. Makanan yang dimasak sudah pasti bersih, sehat dan ((sering)) enak ((kadang)) juga gagal alias enggak pas dilidah, wkwkw. 


Berhubung sudah lama berwacana mau bikin pizza pakai wajan teflon akhirnya saya berhasil juga mengeksekusi resep pizza teflon. Hahaha, saya puas banget, nget... Enak bangeet enggak ada bantet atau gosong. Yeah, I did it!!






Berikut ini bahan yang diperlukan untuk membuat pizza teflon.


*Membuat roti pizza

Bahan: 
250 gram tepung terigu
1 sendok teh ragi, saya pakai fermipan
2 sendok makan gula pasir
120 cc Air hangat
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh Mentega 


Cara Membuat:

1. Campurkan ragi dan gula ke dalam air hangat. Aduk hingga tercampur.

2. Diamkan selama 10-15 menit hingga berbusa (busa tanda ragi masih bagus   dan membuat mengembang adonan nantinya).

3. Campurkan tepung terigu dengan garam. Lalu masukkan larutan ragi. Uleni   adonan hingga rata dan kalis.

4. Setelah itu tutup dengan kain dan diamkan selama 30 menit.


Bahan toping:

8 siung bawang Putih
1 siung bawang Bombay
Mentega secukupnya
Fish roll (boleh ganti dengan bakso atau sosis atau daging asap sesuai selera)
Crab stick 
Udang kupas kulitnya
1 buah Wortel parut halus
1 bunga kol kecil parut halus
Jagung pipil 
Saos tomat atau barbeque
Keju mozarella atau chedar

Cara membuat: 
1. Cincang bawang putih dan bombay.

2. Panaskan mentega hingga meleleh lalu tumis bawang Bombay dan putih.
    Setelah harum masukkan udang.

3. Setelah udang agak berubah warna masukkan semua sayuran. Aduk rata.

4. Setelah agak lama masukkan fish roll dan crab stick. Aduk rata.

5. Kembali ke adonan pizza. Setelah mengembang ambil adonan, pipihkan dulu   di piring diameter 20 cm. 

6. Oleskan mentega ke wajan teflon (saya pakai ukuran 20cm. Lalu, taruh adonan yang telah pipih di teflon.

7. Tusuk-tusuk adonan pipih dengan garpu.

8. Setelah itu oleh adonan dengan saos barbeque. Taruh toping yang telah ditumis di atas adonan. 

9. Ratakan isi toping. Tambahkan potongan dadu keju mozarella atau parutan keju chedar.

10 Masak dengan api paling kecil dari kompor gas selama 15 menit. Tutup   wajan selama proses memasak.


Hasilnya: 

Roti pizza akan mengembang dan empuk. Bagian bawah pizza memang agak cokelat dan kering tapi ini tidak mengurangi kelezatannya.



Paduan keju mozarella semakin membuat rasa pizza sempurna di lidah.
Alhamdulillah saya telah berhasil menyuguhkan Pizza Teflon Maknyuss di rumah. Bagi yang ingin mencoba silakan banget pakai resep saya ini, heheh..


Semoga memasak apapun baik resep baru ataupun lama di rumah akan menjadi salah satu usaha terbaik saya dalam menjalani peran sebagai istri dan ibu.
Sebab, tiada yang paling dirindukan keluarga selain masakan yang enak dan pelukan hangatnya ibu, #hasik... 

10 comments:

  1. Simpan aah. Makasih resepnya. Pernah bikin roti happy call, lupa ga disimpan resepnya. Baru bikin sekali...hehe...Salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan... senang bisa berbagi, salam kenal juga mbak hani :D

      Wah enak kalo bikin pake happy call malah ya sepertinya? aku sih belum punya happy call wkwkw jadi pake yang ada saja

      Delete
  2. Simpeeeen, mau bikin dari kapan tahun, ragi nya ga oks.pinisirin mau coba lagee, mumpung punya stok keju dan margarin. Salam kenal ,Tante Shiva :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sekarang mbak, hahah... bener sebelum stok bahannya habis sebaiknya segera dieksekusi :D

      Delete
  3. Mbaaakkkkk, koq kayaknya gampilllll, pengen nyobaaakkk
    Tengkiu share resepnyabyak, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kategori kesulitan ini termasuk mudah emang mbak, cuma ulei tepung, terus tumis-tumis topingnya.. hanya agak tricky saat memasak dengan kompor api kecil itu mbak, hehee... sama-sama mbak, semoga berhasil yaak.. nanti kabarin hasilnya juga dong.. wkwkw

      Delete
  4. kok kayaknay bisa ditiru nih, mdhan bisaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, insyaAllah dimudahkan yang penting sesuai ukurannya pas jadi gak bantet hehe..

      Delete
  5. Tampak enak dan mudah ya.. tapi kok saya masih malas #eh #janganditiru :D

    -tatat

    ReplyDelete

Hi! Thanks for reading! Please give your comment here..

Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya