/* related post */

5 Tips Memilih Warna Rumah


Rumah menjadi tempat paling nyaman untuk kita pulang. Kemana saja dan sejauh mana kita pergi dari rumah maka kita hanya akan ingin pulang kembali ke rumah. 
Setiap orang memiliki standar rumah ideal yang berbeda baik dari ukuran, lokasi dan desain. Salah satu unsur yang paling berpengaruh dalam rumah adalah warna. Pemilihan warna baik eksterior maupun interior rumah akan sangat berpengaruh pada penghuni rumah tersebut.



Tahun 2011, Kemal Yildirim dkk meneliti mengenai efek warna interior terhadap mood dan preferensi. Hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Perceptual and Motor Skills menunjukkan bahwa warna-warna hangat menghasilkan respon partisipan yang lebih kuat, bersemangat dan tertarik. Warna-warna dingin lebih diasosiasikan dengan tidak terlalu membangkitkan semangat tetapi lebih pada keleluasaan dan ketenangan. Secara umum, warna-warna dingin dan akromatik memicu emosi yang lebih tenang dan damai (Yildirim et. Al, 2011).





Oleh sebab itu, sebelum kita mengecat ulang tempat tinggal ada baiknya terlebih dahulu memilih warna yang tepat. Seperti apakah trik memilih warna ruangan dalam rumah layaknya seorang ahli? Berikut ini ulasan yang saya riset dari berbagai sumber. 


1. Mulai dengan warna favorit

Beberapa orang menyukai sebuah benda hanya karena benda itu memiliki warna favoritnya. Ya, sama dengan memilih warna cat mulailah dengan warna kesukaan kamu. Ini akan jauh lebih mudah. Jadi, kenapa tidak memulai dengan sesuatu yang sudah kita sukai?


Beberapa benda koleksi dengan warna favorit dipadukan dengan cat ruangan yang senada akan membuat ruangan di rumah menjadi matching!


2. Jangan takut akan motif berpola

Jika kamu memasang karpet berpola kuat maka tidaklah mengapa untuk menambah lagi pola dalam ruangan. Misalnya, barang-barang berpola garis vertikal merupakan pola terbaik untuk membuat kesan tinggi. Bantal dengan desain grafis atau seni populer (pop art) yang sedang kekinian akan menambah enak dipandang. 


Kuncinya adalah seimbangkan pola dengan barang bermotif warna dan membuat pola dalam ukuran kecil. Ingat, terlalu banyak motif pola akan membuat sakit mata saat dilihat.


3. Jangan Menghindari Kontras


Selama ini mungkin kita hanya mengira bahwa warna  kontras agaknya sulit dipadukan dalam ruangan. Padahal warna kontras dalam ruangan dapat membuat ruang menjadi lebih menarik. 

Begini caranya,  dalam roda warna digital dikenal ada tiga warna primer – biru, merah dan hijau. Setiap warna dibuat dengan mencampur satu atau dua warna primer dengan tingkat kecerahan bervariasi. Sedangkan, mengkontraskan warna adalah dengan memakai warna lawan dalam roda warna. Contoh warna kontras misalnya, biru dengan oranye, ungu dengan kuning dan hijau dengan merah.  




4. Memilih warna untuk membuat kesan luas

Jika kamu memiliki tempat tinggal dengan luas ruang yang terbatas maka janganlah berkecil hati. Kita dapat menyiasatinya dengan memilih warna yang tepat agar ruangan terkesan lebih luas. 

Pilih warna dari bagian roda warna dingin untuk dinding dan cat semua permukaan dengan warna yang sama. Kamu juga boleh membuat warna lantai lebih gelap dengan warna dinding cerah akan membuat ruangan lebih lebar. 


Warna langit-langit yang lebih terang dari pada dinding akan memberi kesan lebih tinggi. Ilusi ruang juga dapat dibuat dengan memakai warna yang lebih gelap di area lantai dan warna paling terang di langit-langit.


5. Membuat ruang terasa nyaman

Warna hangat dari roda warna dapat dipilih untuk memberi kesan nyaman. Selain itu, warna hangat di langit-langit juga dapat membuat kesan ruangan terasa lebih rendah dan membuat lebih nyaman. 


Ingat, jika menggunakan warna cerah seperti oranye atau merah jaga keseimbangannya dengan memilih warna netral untuk lantai dan karpet.

{Bonus Tip}

Jangan biarkan dirimu kewalahan dan kalah oleh warna! Haha, tetap tenang, mulailah dengan satu warna lalu bergerak ke warna lainnya. Jangan takut akan keanehan idemu, tetap bersabar juga dalam membuat ruangan yang kamu suka.


Harmoni warna-warna ruangan yang sesuai akan membuat rumah lebih indah. Tidak hanya itu, dengan beberapa warna dalam rumah ternyata memiliki efek berbeda terhadap emosi penghuninya. Jadi, pilihlah warna yang kamu suka dan jadikanlah rumahmu layaknya istana bagimu. 




Referensi:

Yildirim, Kemal, et al. 2011. Effects of Interior Colors on Mood and Preference: Comparisons of Two Living Rooms. Journal of Perceptual and Motor Skills Vol 112, Issue 2, pp. 509 - 524.






Disclaimer:
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog rumahhokie.com




12 comments:

  1. Terima kasih tipsnya mbak, sangat membantu informasinya, karena aku mau ganti cat rumah ne,! Sebentar lagi kan lebaran.,, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, mbak.. sama-sama. asik banget, selamat eksperimen yaah..

      Delete
  2. Menarik banget Tips nya mbk, kebetulan banget sekarang lagi cari-cari inovasi untuk rumah..


    Salam kenal dari Bengkulu mbk.
    ditunggu kunjungannya di blog saya.hihi
    ditunggu juga Follow nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee,, salam kenal juga mbak Mira.. sip deh nanti BW ke blognya yaa.. makasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Aku suka warna putih, jd rmh ku nuansa putih semua. Akunya takut bermain warna.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah,, sekali-kali boleh ganti suasana mbak Ruli :D
      Smoga berani nyoba yaah

      Delete
  4. Replies
    1. Sama mbak, aku juga suka. tapi belum kesampaian ganti nih haha

      Delete
  5. warna pastel pada dinding pasti cantik banget dah mbak, bisa jadi referensi

    www.borusiallagan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mbak, pastel memang bagus, yg penting pas di mata yaa..

      Delete

Hi! Thanks for reading! Please give your comment here..

Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya