Tunggu aku di Jakartamu



Tunggu Aku di Jakarta from Kisah Klasik Untuk Masa Depan
by Sheila On 7

Masih saja kuteringat kata iringi kau pergi
Jadikan sore itu satu janji
Kau akan setia untukku, kembali untuk diriku
Mengingatku walau aku jauh

Akupun sempat janjikan, kukayuh semua mimpiku
Kulabuh tepat di kotamu...
Dan kaupun s'lalu janjikan kau 'kan menungguku datang
Bersatu kembali seperti dulu

Dan bila akupun rindu pada nyamannya kecupmu
Pada hangatnya tawamu
Kudendangkan dengan gitar lagu-lagu kesayangan
Sambil kuingat indah wajahmu

Oo' oo' ooo' 2x

Tunggulah aku di Jakartamu
Tempat labuhan semua mimpiku
Tunggulah aku di kota itu
Tempat labuhan semua mimpiku

Akupun sempat janjikan, kukayuh semua mimpiku
Kulabuh tepat di kotamu...
Dan kaupun s'lalu janjikan kau 'kan menungguku datang
Bersatu kembali seperti dulu

Dan bila akupun rindu pada nyamannya kecupmu
Pada hangatnya tawamu
Kudendangkan dengan gitar lagu-lagu kesayangan
Sambil kuingat indah wajahmu

Oo' oo' ooo' 2x

Tunggulah aku di Jakartamu
Tempat labuhan semua mimpiku
Tunggulah aku di kota itu
Tempat labuhan semua mimpiku


Ada apa dengan Jakarta sampai grup band Sheila On 7 menciptakan lagu khusus tentang Jakarta. Oh ternyata memang itulah Jakarta. Sebuah kota yang menjadi tempat mimpi-mimpi manusia berlabuh. Mimpi untuk mencari pekerjaan yang dicita-citakan. Mimpi menikah dengan jodohnya yang ada di sana, eh. Hahaa.. Jakarta pada akhirnya menjadi tempat bersejarah di hati setiap orang.

Jakarta merupakan kota tempat saya lahir dan dibesarkan. Jika saya ditanya "kamu, orang mana?" maka saya menjawabnya dengan satu kata yaitu Jakarta. Keluarga besar dari Ibu dan Ayah saya memang sejak lama tinggal di Jakarta, lebih tepatnya kedua orang tua saya sudah dari lahir di Jakarta juga, hehee. Jadi, dapat dikatakan Jakarta adalah kampung kami, rumah kami dan memori kami.

Apa ya serunya tinggal di kota ini? Hahaha... pertanyaan yang sering saya tanya ke diri sendiri. Sejak kecil naik kendaraan umumnya bus kota (metromini, kopaja, PPD dan Mayasari) atau angkutan kota yang pendek atapnya jadi mesti masuk sambil bungkuk, wkwkw dan sampe sekarang semua hal itu masih ada. Awet amat yaah, kayak kita :p

Saya hanya bisa mendaftarkan beberapa hal yang seru di Jakarta dari pengalaman pribadi saya, silakan disimak.

Jakarta Metropolitan

Metropolitan ini istilah yang sudah terkenal banget sih emang ya. Tetapi, apakah orang-orang ini mengerti makna metropolitan itu sendiri? Saya juga baru tahu pas bikin tulisan ini kok, hehe. Saya kutip dari web resmi pemerintah DKI definisi kota Metropolitan adalah kota induk yang dikitari kota satelit atau daerah suburban di sekitarnya. Kota utama bertindak sebagai lokomotif ekonomi dan sosial dari kota satelit atau wilayah pinggiran sekitarnya. Interaksi penduduk kota utama dan kota satelit dicirikan oleh tingkat mobilitas yang tinggi. Mobilitas ini dapat berbentuk migrasi musiman atau dapat juga berbentuk nglaju (bekerja di kota induk lalu kembali ke kota pinggiran).

Oh, jadi itu ya maknanya, emang sih berasa banget hidup di sini (Jakarta -red) itu seakan diburu waktu. Tergesa untuk bekerja, padatnya lalu lintas dan penuhnya penumpang bus. Sebelum saya kuliah dan bekerja belum terbayang gimana rasanya nglaju dan akhirnya saya tahu rasanya setelah melihat jalanan ibukota di hari kerja. Well done, macet karena semua penduduk di area sekitarnya bekerja di Jakarta.

Petanye Jakarte


Memangnya ada apa sih sampe semua orang mau bekerja di sini? * pertanyaan yang dulu saya lontarkan saat kuliah. Begitu besarkah daya tarik kota ini? Apa sih yang dicari para pekerja ini? Kenapa mesti di Jakarta, oi oi... kenapaaa??? Mari lanjutkan bacanya dulu.

Jakarta Pusat Bisnis

Kalau mau mencari kantor pusat dari perusahaan baik milik negara maupun swasta cukup temukan mereka di Jakarta. Mulai dari bank, saham, teknologi informasi, sampe start-up (yang lagi hits) itu adanya di Jakarta. Rumah Sakit Pusat milik Kementerian Kesehatan yang terlengkap fasilitasnya se-Indonesia pun ada di Jakarta, yaitu RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo.

Kalau lagi jalan-jalan akan mudah menemukan pusat bisnis. Tengok kiri kanan gedung bertingkat yang begitu tingginya (skyscraper) itulah distrik bisnis tempat orang-orang menghasilkan rupiah. Di Jakarta ada banyak dan akan semakin banyak sepertinya gedung bertingkat ini. Setelah sebelumnya ada di Sudirman (SCBD), Menteng, Kawasan Mega Kuningan dan juga area Kasablanka sekarang makin merambat di pinggir selatan seperti area T.B. Simatupang Jakarta Selatan.



Efek dari tingginya aktivitas ekonomi ini menyebabkan upah minimum provinsi DKI Jakarta lebih besar dibandingkan daerah lain. Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 230 Tahun 2015 Tentang UMP DKI Jakarta 2016 ditetapkan UMP DKI Jakarta adalah 3.100.000 rupiah. Sebuah angka yang menggiurkan bagi para pencari kerja. Tetapi, hati-hati ya uang sebanyak itu kalau tidak dikelola dengan baik dan benar juga enggak ada rasa apa-apa, cuma sekedar numpang lewat di rekening, hihii.

Tempat Wisata

Wisata ke Jakarta itu banyak, dari gedung tua bersejarah, mall yang adem banget AC-nya, arena permainan keluarga sampai pulau-pulau berpasir putih di Kepulauan Seribu. Monumen Nasional alias Monas udah terkenal sejak lama karena jadi lambang kota Jakarta. Museum purbakala, museum uang, dan museum seni juga ada. Mall yang level standar sampai level internasional ada. Mau ke mal yang kelas menengah aja bisa atau sekali-kali siapin dompet lebih  dan kamu bisa menikmati restoran di area Pasific Place atau Grand Indonesia. Bosan dengan kota besar, bisa kok jalan ke seberang pulau. Di Kepulauan Seribu ada pulau-pulau yang hits jadi destinasi wisata pantai. Airnya bersih, pasirnya putih duh enak deh pokoknya, kayak bukan di Jakarta.








Wisata di Jakarta dapat saya katakan wisata yang adjustable. Mau pilih yang ekonomis ada, misalnya Kebon Binatang Ragunan. Wisata yang lebih menengah bisa ke area Pantai Ancol atau wisata mewah ya ke Pulau Seribu. Pilihan yang beragam ini merupakan akibat dari beragamnya status ekonomi rakyat Jakarta. Tidak lupa jika hendak berkeliling Jakarta dengan murah, kamu bisa menggunakan moda transportasi bus Transjakarta. Ini salah satu kemudahan transportasi umum di Jakarta. Halte yang sambung menyambung membuat kita dapat taransit dan berpindah haluan. Jadi, jangan ragu mencoba berwisata di kampung saya, Kampoeng Betawi.




Salam ayey














5 comments:

  1. Ok Sip kak...
    Nanti kalo aq ke Jakarta, aku main deh ke kampung betawi nya
    penasaran juga.. krn biasa cm liat di ftv hehehehe

    ReplyDelete
  2. Mau banget ke Kepulauan Seribu...blom kesampaian.. :D

    ReplyDelete
  3. @Arha: iyee,,, nanti maen ye kemari, biar puas liat langsung daripada liat di tipi aje, hehehe

    @kaka Tatat: samaaaa ihhhh aku juga belum pernah ke pulau seribu, ayok barengan ya kalo mau jalan-jalan.. boleh nih 1M1C travel bareng ke sana bisi kali..

    ReplyDelete
  4. Ayoo..kapan-kapan 1m1c wilayah jakarta ke Kepulauan Seribu :D
    -Tatat

    ReplyDelete
  5. Aku sudah 5 thn di Jkt tapi belum sempet eksplor kemana2 hiks

    ReplyDelete

Hi! Thanks for reading! Please give your comment here..

Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya