/* related post */

Diskusi RMA: Kesehatan Gigi Anak

Judul Materi : *KESEHATAN GIGI ANAK*
Tanggal : Jumat, 30 September 2016
Pemateri : Yuli Hamidah, drg
Peresume : @bundaranakayy




Gigi pada anak sering disebut sebagai gigi sulung atau gigi susu. Gigi susu mempunyai fungsi sebagai bagian pendukung proses pencernaan, yaitu untuk menggigit, merobek, memotong, menggiling, dan mengunyah makanan, serta untuk berbicara dan sebagai penunjuk jalan bagi gigi dewasa di bawahnya. Untuk mendukung semua fungsi tersebut diperlukan gigi yang sehat tanpa lubang.

Gigi berlubang pada balita atau dalam istilah medis disebut Early Childhood Caries (ECC) adalah merupakan karies gigi pada 1 gigi atau lebih, atau hilang / rusaknya gigi dengan kondisi parah karena karies gigi, atau adanya penambalan gigi pada gigi susu ketika anak berusia antara 0-6 tahun.

Deteksi adanya karies gigi pada anak balita dapat dilakukan dengan cara memeriksa gigi anak (terutama 4 gigi seri atas yang paling rentan karies),  buka bibir bagian atasnya, bersihkan sisa-sisa makanan dengan kain kassa dan air hangat lalu kita liat dibawah pencahayaan yang cukup.

Karies gigi tidak selalu berupa lubang atau kavitas, namun merupakan suatu proses seperti gambar berikut ini : (gambar a, terlampir)



Pada gambar tersebut terdapat warna keputihan seperti kapur yang lebih putih daripada gigi sekitarnya, disebut white spot lesion yaitu proses karies awal (early decay), namun belum terbentuk lubang gigi. Biasanya white spot terlihat di bagian gigi yang dekat dengan gusi. Pada keadaan ini bila didiamkan akan menjadi lubang. Orang awam sering menyebutnya gigis atau gupis dsbnya. 


Berikut ini contoh karies gigi pada anak balita pada keadaan  dimana sudah terbentuk lubang gigi (kavitas). Kavitas terlihat berwarna kekuningan, dan permukaannya tidak rata, lebih cekung daripada gigi sehat di sekitarnya. (gambar b, terlampir)





Penyebab karies pada gigi baik dewasa maupun balita, yaitu terpaparnya gigi dalam waktu lama oleh asam sehingga mineral-mineral dalam email larut. Asam tersebut berasal dari gula yang berada dalam makanan/minuman yang diubah oleh bakteri dalam mulut. Pada balita sering disebabkan karena anak sering tertidur dalam kondisi mengkonsumsi minuman (menyusu).

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gigi berlubang sebagai berikut :

  1. Sebelum gigi susu benar-benar tumbuh, gusi bayi dapat dibersihkan . dengan menggunakan lap yang lembut (kassa) dan agak basah untuk menggosok gusi bayi perlahan-lahan.
  2. Jika ingin mengenalkan sikat gigi saat giginya mulai muncul, gosokkan gusinya dengan sikat gigi yang lembut. Anda hanya perlu membasahi sikat gigi dengan air dan belum perlu menggunakan pasta gigi.
  3. Bila bayi minum menggunakan dot, usahakan menggendong anak selama pemberian susu, dan ketika anak sudah tertidur baru baringkan ke tempat tidur, TANPA dot. Jangan biarkan anak tertidur dengan dot berisi susu dalam mulutnya.
  4. Ketika anak berusia 6 bulan, ia sudah boleh mengkonsumsi makanan/minuman tambahan. Anak dapat mulai diajarkan minum melalui baby cup.
  5. Diantara waktu minum susu, berikan anak air putih biasa, TANPA gula.
  6. Waktu yang tepat untuk membersihkan gusi bayi adalah sebelum dia tidur dan setelah makan, sebanyak dua kali sehari.
  7. Batasi pemberian makanan/minuman manis dan lengket pada anak.
  8. Hindari kontak antara mulut bayi, dot, makanan/minuman bayi dengan mulut ibu/ pengasuh.
  9. Ajak anak ke dokter gigi anak ketika gigi pertamanya sudah tumbuh. 

*Tanya Jawab*

1⃣ Apakah konsumsi teh manis setiap hari bisa menyebabkan karies gigi pada anak?
(Elok bunda rizma/3,5th/ Pd.Ranji/RMA 7)


Jawab :
Bisa, mbak Elok makanan/minuman apapun yang kita konsumsi dapat menyebabkan karies apabila terus menerus berada/menempel di gigi.✅


2⃣Assalamualaikum
Bagaimana cara membiasakan anak sikat gigi sebelum tidur sedangkan anak ini minum susu pakai dot sebelum tidur?
(Esti/Tangerang/10m/RMA7)


Jawab:
wa alaikumussalam wr  wb,  mba Esti, mbak Esti dapat memulai dengan membersihkan gigi ananda menggunakan Kassa basah ketika ananda sudah selesai menyusu. ✅


3⃣Nay 2 tahun 9 bulan giginya tidak rata. Saya perhatikan seperti model Gigi ayahnya. Nay pertumbuhan giginya agak terlambat, diusianya yg 1 tahun Baru tumbuh 4 Gigi seri. Apakah itu faktor  keturunan ?
Bisakah pertumbuhan giginya dikoreksi ketika tumbuh Gigi selanjutnya?
Terimakasih Banyak dokter
(Rizky/jakarta/Nay_2tahun9bulan/RMA7)


Jawab:
Halo mbak Rizki, iya, mbak. Salah satu faktor yang mempengaruhi keadaan gigi geligi adalah genetik. Salah satu manfaat kunjungan rutin ke drg dimulai sejak gigi pertama tumbuh adalah koreksi dan atau pencegahan secara dini terhadap kemungkinan kerusakan gigi lebih lanjut.✅

4⃣Assalamualaikum mba..sy mau tanya. Apakah benar dampak penggunaan dot dlm jangka panjang dapat mengubah struktur/posisi gigi menjadi maju ke depan? Lalu apakah pasta gigi anak aman bila tertelan?  Apa penyebab gigi tumbuh berantakan/tumpang tindih? (Nina, Jakarta, 25mo, RMA5)

Jawab:
Wa alaikumus salam wr wb...mba Nina..
a. Efek dot terhadap posisi gigi, saya ambil kutipan dari idia ya mbak, sebagai berikut :
Penggunaan dot yang berkepanjangan mempunyai korelasi kuat dengan timbulnya masalah gigi, seperti karies dan maloklusi. Dari beberapa penelitian, terbukti ada korelasi antara penggunaan dot yang berkepanjangan (2 tahun atau lebih) dengan timbulnya karies. Keadaan ini diperberat bila penggunaan dot dilakukan sambil tidur (night feeding). Penelitian terhadap 150 anak usia 18 - 36 bulan oleh Peressini (2003), menyimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kebiasaan minum dot botol sambil tidur dengan timbulnya karies serta kerusakan gigi.


Apabila bayi hanya sesekali mengempeng dan hanya sampai bayi berumur 1 tahun, maka tidak ada masalah dengan perkembangan giginya. Tapi jika bayi adalah pengempeng aktif dan meskipun umurnya sudah lebih dari 1 tahun ia masih tidak bisa lepas dari dot, sebaiknya harus dilakukan usaha untuk segera menyapih si kecil dari dotnya. Karena hal tersebut dapat membuat gigi-geliginya tumbuh tidak sebagaimana mestinya, meskipun itu masih gigi susu, tetapi perkembangannya akan menentukan pertumbuhan dan letak susunan gigi permanen di kemudian hari. Makin lama penggunaan dot, akan makin tinggi risiko kerusakan gigi . Demikian juga cairan manis dalam botol dot, ataupun pemanis yang dioleskan pada dot/empeng, juga berperan untuk timbulnya kerusakan gigi.
The American Dental Association (2005), mengeluarkan rekomendasi untuk tidak memberikan dot yang diberi pemanis, hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan terjadinya karies.


b. Apakah aman bila pasti gigi anak tertelan? aman bila tidak sengaja ya mba, dan pasti gigi yang dipakai cukup sebesar biji kacang ijo saja. Pemakaian pasta gigi pun bukan salah satu komponen wajib saat kita melakukan sikat gigi, yang terpenting adalah anak senang melakukan sikat gigi sehingga nanti tumbuh kesadaran sendiri.

c. Penyebab gigi berjejal/tumpang tindih? Karena ketidaksesuaian ukuran lengkung rahang dan gigi, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti keturunan, lingkungan, pertumbuhan dan perkembangan, kebiasaan, makanan.
5⃣ Bagaimana cara mengatasi gigi seri atas yg sdh mulai kena karies bgaimana ya? Bagaimana cara mnghilangkan kebiasaan makan pasta gigi pada anak usia 2 th dan mengajari anak untuk berkumur2? sdh dilatih menggunakan air minum biasa, tpi ttp terminum terus.
Trimakasih
(Arifah/bunda azmi (2,5 y /RMA 6) 


Jawab: Bund azmi,  jika gigi sudah Karies sebaiknya ananda segera dibawa ke drg Dan dilakukan penambalan, tapi biasanya utk kunjungan pertama tidak dilakukan langsung penambalan tapi perkenalan dulu antara anak, drg, beserta alat2 yg akan dipakai.
Wah bagaimana yah caranya?? Sengaja dimakan atau tidak sengaja tertelan mba? kalau tidak sengaja tertelan gapapa,  tapi Kalo sengaja dimakan, Mungkin mba bisa mulai dengan cara menjauhkan odol dari jangkauan anak Dan ngobrol bahwa odol bukan makanan yg boleh masuk perut dst. 

Untuk kemampuan berkumur memang perlu waktu, seiring dengan kemampuan Motorik Halus dan Motorik kasar serta daya pemahaman ananda,  Bunda jangan menyerah yah terus semangat, sulung saya baru berhasil kumur dengan benar tanpa tertelan ketika usia 3 Tahun.  Ganbatte 

6⃣ Dokter, anak sy 2y1m,  minum susu UHT coklat sejak disapih (19m). Di giginya ada bayangan putih tanda2 akan karies,  pdhl sy selalu menyikat giginya stlh sarapan dan sebelum tidur. Apa ada trik yg hrs dilakukan lg agar tidak terlanjur karies?
(Elva (Aisyah 2y1m)/RMA 5)
- Mba, anak saya 4 gigi serinya sudah mengalami karies padahal sikat gigi rajin minimal 3x sehari. Apa ada pengaruh dari susu UHT coklat ya? anak saya hanya mau minum susu UHT coklat. perlu dilakukan penambalan gak ya mba?
(Asti Ramadhani, 2Y10M, Depok, RMA 6)
- Assalamu'alaikum...
Putra saya 21bulan. Skrg di gigi susu depan muncul seperti karies gigi yg bentuknya seperti lumut di dinding.Tips untuk menghilangkannya bagaimana yah mbak?Selama ini putra saya baru belajar sikat gigi tanpa pasta gigi.Apakah di usia tsb sudah boleh menyikat dgn pasta gigi?jika boleh maaf adakah merk2 tertentu yg aman utk anak usia 21bln? krna mengingat di giginya sudah mulai tumbuh karies?
Sebelumnya terima kasih banyak utk jawabannya.
(Andika setya w/pasuruan/M.Daffa/21m/RMA 6)



Jawab:
Mba Elva dan mbak Andika, utk mencegah white lesion menjadi karies lebih lanjut mba elva dapat meng aplikasikan tooth mousses yaa,mba.
Mba Asti, Bisa jadi salah satu penyebab kariesnya adalah karena sikat giginya kurang bersih sehingga masih Ada sisa2 makanan (plak) Yang menempel di gigi Yang kemudian menjadi makanan mikroorganisma,mengubah plak tsb menjadi bersifat asam yg mengakibatkan gigi Karies.  Kalo gigi sudah berlubang sebaiknya segera ditambal supaya lubang tidak semakin besar dan gigi menjadi sakit
Tambahan Jawaban:


Faktor yg mempengaruhi Karies banyak, dalam dan luar tubuh


Faktor dalam :
  • Mikroorganisme yg Ada dalam mulut
  • Substrat,  gula Yang berasal dari makanan yg kita makan
  • Gigi,  bentuk gigi, susunan gigi tiap Orang beda sehingga Risiko karies setiap Orang berbeda
  • Waktu,  waktu lamanya Substrat menempel di gigi ,waktu proses lamanya karies
Faktor luar:
  • Usia, semakin lanjut usia semakin besar kemungkinan Karies 
  • Gender, wanita lebih rentan kena Karies 
  • tempat tinggal, tempat tinggal tertentu yg kandungan Mineral pada airnya kurang giginya lebih rentan 
  • makanan, makanan yg mengandung kadar gula banyak lebih besar kemungkinan menyebabkan karies
  • Pendidikan 
  • Lingkungan 
  • Kebiasaan
  • Frekuensi dan waktu sikat gigi
7⃣Usaha apa yg bs dilakukan kl gigi anak sudah patah? Trus patahnya hampir sampe ke gusi nya. Jd sisa sedikit gt. Patah krn jatuh dan mmg giginya rapuh. Apa bs disambung mahkota giginya atau dibiarkan sj? (nida, tangerang, 3 tahun, RMA 5)

Jawab:
Mba nida, buat memastikan apakah masi dibuat mahkota baru atau tidak mba nida harus membawa ananda ke drg spesialis anak mba, biasanya ada mahkota yg bisa dibuat bila sisa gigi ada masi bagus.✅


8⃣ Mbak.. anak saya umur 9m belum ada tanda2 tumbuh gigi satupun.. apakah ini normal pada usianya belum tumbuh gigi? Stimulus apa yg diperlukan untuk menunjang pertumbuhan giginya? Terimakasih.
(Annisa Rahma/jakarta/9m/rma 6)


Jawab: buat mba Annisa yg h2c maaf baru bisa jawab 
Gapapa mba, Aydan masih tergolong normal, dapat ditunggu sampai usia 24 bulan,  ketika usia 24 bulan belum tumbuh juga maka mba harus membawa Aydan ke drg spesialis anak,.
Stimulasi yg dapat dilakukan saat ini adalah dengan memberikan makanan dengan tekstur sesuai usia nya, finger Food.


9⃣ Anak Saya, Hasan 2y4m masih susah u/sikat gigi.. Pasti tutup mulut,kalo sy paksa pasti berontak yg ujung2nya menangis.. Bgmna tipsnya yaa spya anak mau sikat gigi dg tenang..
*Terimakasih ya Mba☺(Nur/Jaksel/Hasan/2y4m)


Jawab: mba Nur dapat memulai dengan memberi contoh mba sikat gigi di hadapan ananda,  nanti ananda akan menirunya. Anak adalah peniru ulung. Selain itu mba dapat juga dengan menceritakan atau membaca buku tentang gigi dan fungsinya dst. Mba Nur juga dapat juga stimulasi dengan permainan sikat2an.  Jangan dipaksa yah mba hehehe.  Saya Yakin ibu2 disini banyak ide kreatif untuk mbuat ananda cinta kebersihan dan kesehatan

_Alhamdulillah, materi seputar kesehatan gigi anak super seru ya bunda semua. Semoga kita semakin konsen merawat kesehatan gigi dan mulut ananda di rumah dengan membiasakan memberi contoh yang baik untuk menggosok gigi 2x sehari. Karena apa? Kebersihan sebagian dari iman  semoga bermanfaat_


Follow us :
Instagram : @rumahmainanak
Fanpage Facebook : Rumah Main Anak
Website : www.rumahmainanak.com

No comments:

Post a Comment

Hi! Thanks for reading! Please give your comment here..

Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya