/* related post */

Another peculiar dream

Saat ini sudah memasuki tahun ke 1434 Hijriah. Entah sejak kapan tahun baru Islam terasa menjadi sebuah momen yang istimewa (setelah memasuki usia dewasa muda tentunya). Saya pun jadi lebih perhatian terhadap sistem penanggalan berdasar perputaran bulan ini. Selain, sekaligus menghitung dan prediksi kapan bulan purnama datang tentunya. Seru aja sih, tiap malam memperhatikan fase bulan lalu bisa ditebak malam itu tanggal berapa hijriyah.

Indonesia berpenduduk mayoritas Islam. Akan tetapi, sistem penanggalan yang diterapkan itu sistem Syamsiyah (Masehi –red). Oleh sebab mayoritas Muslim maka hari-hari besar dalam Islam pun ditetapkan sebagai hari libur nasional (kalu di kalender tanggal dengan warna merah). Tentunya enak kan ya, jadi liburan pas tanggal merah, hehe. Lantas dalam otak saya jadi muncul sebuah ide bahwa sepertinya bagus ya, mengadakan akad nikah saat hari libur nasional dan yang terpikir saat itu yakni tanggal 1 Muharram.

Kalau dalam Islam kan tak ada larangan hari-hari atau momen tertentu dilarang nikahan atau apalah itu (semacam kepercayaan budaya lah ya). Nah, karena itu saya rencana maunya nikahan pas tanggal 1 Muharram terlepas dari tanggal berapa di versi Masehinya. Mungkin terdengar agak aneh gitu ya, ngapain nikahan pas tahun baru Islam. Lah, tak apalah ini kan tentang selera. Kalo orang-orang pada mainstream-nya nikah pas tanggal kembar macem 12-12-2012 nah saya maunya anti-mainstream aja ah, hahay.

Jadilah saya masukkan rencana menikah pada tanggal 1 Muharram 1436 H. Padahal juga belum tahu itu Masehi-nya tanggal berapa, hari apa, bulan apa (karena kan beda perhitungan jadi tidak ada kepastian pas seperti tahun sebelumnya). Misal tahun ini 1434 H jatuh pada bulan Oktober, tanggal 15 lantas untuk tahun-tahun berikutnya kita belum ada yang tahun kapan muharram pada sistem masehi. Woahaha.. ini rada memicu ketidakstabilan ya, eh tapi enggaklah sekarang udah stabil bener kok! Hehe.

Yaah… baiklah itu saja ide-ide out of mainstream saya. Harap diperhatikan ini hanya ide dan rencana ya, masalah tercapai sesuai atau tidaknya saya serahkan ke pemilik semesta, Allah. Ini hanya rencana saya sebagai manusia, menulisnya dengan pensil dan menyerahkan pada Allah apakah ada yang harus dihapus dan diganti. Insya Allah segala niatan baik adalah baik adanya termasuk niat menikah, hehe.

Semangat untuk dua tahun Hijriyah lagi!!

No comments:

Post a Comment

Hi! Thanks for reading! Please give your comment here..

Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya